Thursday 27 June 2013

Bicara Tentang Toleransi :|

Pulang sekolah dengan perasaan bete yang masih tersisa gegara kejadian di toko buku tadi, saya pun bersantai di teras kamar yang berhadapan langsung dengan rumah tetangga sebelah. Tengah saya bersantai, tetiba saya lihat si bapak tetangga tetangga menyapu halamannya, dan tidak hanya berhenti disitu saja, beliau juga kemudian membakar sampah yang barusan dia bersihkan....

Tepat di samping kamar saya

W H A T  T H E  HECK??????

Si bapak ini memang bukan menyapu halaman rumahnya saja, tapi juga suka membersihkan halaman depan teras kamar saya kalau pas banyak kotoran (daun yang berguguran ataupun sampah plastik yang kebanyakan juga dibuang oleh anak-anak kecil).

BUT SERIOUSLY?????

Saya ada di sana, tengah mencoba untuk bersantai menikmati sore hari, tak bisakah beliau bersih-bersih nya pas pagi hari saat kerja sehingga tidak akan mengganggu?

Cerita kedua, tentang pemanfaatkan teras kamar. Saya menempatkan beberapa polybag yang saya tanami sayuran terong di teras kamar saya, si babe (bapak saya) sempat mengingatkan

"Le, mendingan kamu tanam di dalam dekat sumur saja."

"Biar lah be, klo disini kan biar saya bisa ngurusin."

Kalau di teras kamar saya bisa tiap saat memantau, kalau butuh disiram dan sebagainya. Selain itu juga biar teras kamarnya ada sedikit hiasan gitu.

Namun apa daya, keesokan harinya terong yang saya tanam kemarin sudah mati, bukan karena kekeringan kena sinar matahari, tapi mati karena diobrak-abrik ayam tetangga.

Saya pernah bilang ke babe, baik secara baik-baik ataupun sambil bersungut-sungut. Dengan harapan si bapak yang bilang baik-baik ke tetangga. Tapi apa lacur

"Itu ayam banyak orang Le, bukan hanya tetangga sebelah saja. Yaudah lah, kamu juga dibilangin buat nanam di dalam nggak mau."

Jawaban si babe ketika saya mengadu soal ayam.

"Oh ada yang lagi bakar sampah ya? Yaudah klo gitu, kirain tadi ada kebarakan."

Komentar babe tentang sampah.

Huftable banget. Saya nggak menuntut banyak dari si tetangga, mbok ya ayamnya itu dikandangkan, dikasih makan yang bener jangan dibiarkan berkeliaran kemana-mana kayak gitu.

Mbok ya kalau bakar sampah itu lihat kiri kanan, kalau ada orang yaudah nggak di bakar dulu, dibakarnya pas pagi hari saat tidak ada orang.

Orang tua saya mengajarkan tentang toleransi, untuk tidak membesar-besarkan masalah kecil. Dan saya juga tidak yang nyari-nyari masalah, nggak lucu rasanya klo sampai bertengkar dengan tetangga gegara ayam dan sampah.

Yang bisa saya lakukan palingan juga nulis di blog seperti sekarang ini, atau menyingkir saat tetangga bakar sampah (dengan harapan beliaunya nyadar - tapi apa daya udah berkali-kali terjadi, aku rasa si bapaknya koma deh). 

Oh iya, di teras kamar saya menyediakan ember berisi kerikil (yang agak besar) buat melempar si ayam-ayam itu klo pada jahil pas saya lagi nyantai di teras.

Jahat yah? :(

2 comments:

Hahaha bagus tuh! Kalo emang ganggu banget sih, ya lemparin aja mas pake batu itu wekekeke. :D

Saya juga pernah merasakan hal yg sama dengan anda hihi, sabar aja ya mas :))

@Muthmainah
Iya, sabar dan tawakal menghadapi tetangga spt itu :)

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites