Wednesday 26 June 2013

Bebenah Perpustakaan


Plastic sealer untuk membuat sampul buku

Libur tlah tiba, libur tlah tiba, Hore! Hore! Hore! Liburan sekolah emang telah tiba, selama kurang lebih 3 minggu kedepan terbebas dari anak-anak yang luar biasa itu :p
Libur sekolah tidak berarti pula libur untuk guru dan karyawan, karena sekolah tetap ada kegiatan, yaitu (salah satunya) PPDB, dan beberapa kegiatan lainnya untuk persiapan tahun ajaran baru besok. 

Dan mumpung tidak ada anak-anak yang merusuhi, saya menata kembali perpustakaan, menata  dan mendata buku paket/BSE. Mendata buku perpustakaan (yang seharusnya dilakukan bulanan, tapi sampai sekarang belum sempat juga), selving (menata ulang), memperbaiki buku yang rusak dan menyampuli buku (ada banyak buanget buku yang belum disampul)

Untuk memudahkan dalam penyampulan buku, saya menggunakan plastic sealer untuk membuat sampul. Setelah plastik diukur sesuai dengan buku, plastic sealer digunakan untuk merekatkan sampul plastik, sehingga untuk penyampulannya kayak memakaikan baju ke buku.

Mengukur plastik sampul

Keunggulan dari metode ini adalah sampul jadi rapi, tidak membutuhkan banyak sellotape dan lipat melipat. Kekurangannya tentu ada dong, yang pertama adalah dalam pengukuran harus tepat, ibarat baju itu haute couture (halaaah), maksudnya satu sampul untuk satu buku, sampul buku diukur agar se pas mungkin dengan ukuran buku, tidak kebesaran (kalau kebesaran ntar gampang lepas) maupun kekecilan (kalau kekecilan buku tidak bisa masuk).


Tumpukan bukuyang sudah disampul (yang di belakang)
Berhubung dikerjakan sendiri jadi butuh waktu lama untuk menyelesaikan penyampulan buku ini. Mau minta bantuan anak-anak khawatirnya jadinya tidak sesuai harapan (dulu pernah minta bantuan buat bikin kantong kartu kendali di halaman belakang buku, yang ada pada nempel kemana-mana, kartunya tidak bisa dimasukkan ^_^;)

Btw ada yang mau bantuin saya? #Ngarep





6 comments:

Saya pintar nyampul buku lho. Ahaha...

Jadi kangen perpus sekolah. Saya dulu suka banget baca buku di perpus. Soalnya dulu saya pendiam, terus nggak banyak temen. Akhirnya suka menyendiri di perpus. :'(

mumpung liburan ya bang, teruskan

gue bisa bang bantuin tapi di gaji, per sampul 3 juta -..-

Saya...dulu jamannya sampul2an pake kertas kopi dan selotip
:D

@ 空キセノ
Hayuk main ke sekolahan saya, bantuin bebenah perpus #endingnyajelekbanget :p

@ tofik dwi pandu
Mahal bener ^_______^;;;;;;;;;;;;;

@ iKurniawan
Hayuk bantuin sayaaaa :D

Bantu gak ya~ hahaha soalnya saya masih sering minta sampulin -_- wkwkw

@Muthmainah
Bantuin doa juga gpp koq :)

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites