Thursday 2 May 2013

Terus Pulang

Kemarin saya mengadakan "survey kecil-kecilan" terhadap anak-anak kelas 8 mengenai gambaran mereka akan cita-cita mereka dan bagaimana cara mereka meraihnya. Satu per satu mereka saya panggil dan saya wawancarai.

Ada yang sudah tahu cita-cita atau keinginan mereka, namun masih paham bagaimana cara meraihnya (contohnya ada yang bercita-cita jadi koki tapi masuk ke SMK jurusan mesin :|), ada juga yang menjawab "Pengen jadi orang sukses", untuk yang satu ini tetep saya kejar dengan pertanyaan "Sukses di bidang apa?", dan bila dia belum tahu juga, saya beri gambaran pekerjaan/cita-cita yang dimiliki oleh teman-temannya yang lain.

Demikian juga dengan siswa yang satu ini, sebut saja namanya Panjul. Begitu saya panggil, langsung saya tanya.

"Panjul nanti cita-citanya apa?"

"Pengen jadi orang sukses pak." Katanya sambil tersenyum.

"Sukses di bidang apa Njul?"

"Ya... Pokoknya orang yang sukses." kata dia kekeuh.

"Sukses jadi pengemis?" celetuk seorang temannya di belakang.

Si Panjul cuman tersenyum.

"Pengen jadi pemain bola pak." kata dia akhirnya

"Emang kamu bisa main bola?" Celetuk temennya yang lain.

"Bisa dong..." kata si Panjul nggak mau kalah.

"OK... Untuk jadi pemain bola, kamu harus bagaimana?" Tanya saya.

Si Panjul mikir sejenak

"Ikutan SSB pak." Katanya kemudian (setelah dibisiki temennya)

"Habis dari SSB kamu kemana?" Tanya saya lagi.

"Terus pulang pak..." Jawabnya lagi tetep sambil senyum sumringah

Bengong dong denger jawabnya si  Panjul ini, kemudian saya bertanya lagi

"Iya... Maksud saya setelah kamu dari SSB kamu akan kemana?" 

"Ya pulang lah pak... Mau kemana lagi?" Jawabnya dengan muka polos tanpa dosa.

Serentak seluruh kelas yang mendengar jawabannya ketawa ngakak.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites