Thursday 2 May 2013

Orang Yang Suka Mengeluh

Salah satu siswa saya perempuan, sebut saja namanya Inem mempunyai kebiasaan yang unik bin aneh, yaitu: Mengeluh.

Pagi-pagi biasanya si Inem ini suka nongkrong di depan atau di dalam perpus bersama teman-temannya, daaan... seperti layaknya sebuah hobby, setiap kali dia ngobrol sama temannya, pasti tidak lepas dari yang namanya keluhan.

"Bapak ku tuh ya, bla bla bla..."

Di lain kesempatan

"Ibu tuh ya, bla bla bla..."

Kalau enggak dia akan mengeluh mengenai guru atau pun pelajaran di sekolah

"Pak guru X itu ya, gini gini gini..."

"Wah pelajaran ini tuh susah banget, bla bla bla.."

OMG... Saya yang mendengarnya saja merasa "takjub". Anak SMP umur berapa sih? 15 -16 tahun? Tapi klo mendengar selalu saja ada yang bisa dia keluhkan setiap harinya. Rasanya koq hidup dia berat bener, ndak ada yang bisa dinikmati dari hidup dia.

Saya lihat dia berasal dari keluarga yang cukup secara ekonomi, tidak seperti Tasripin atau anak jalanan lain yang harus mengais rejeki untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Jadi, seberapa besar sih sebenarnya beban hidup dia? 

Umur masih muda, beban hidup juga tidak terlalu berat, tapi kenapa selalu dan selalu mengeluh atas segala sesuatu? 

Jujur saja saya nggak suka dan risi klo mendengar orang yang suka mengeluh dan beberapa waktu yang lalu sempat saya tegur.

"Kamu tuh ya, mbok sekali aja nggak mengeluh kenapa?"

Tapi dia menjawab

"Lha wong, nganu... nganu... nganu."

Katanya mencari alasan sambil ngedumel tidak jelas.

Kebayang dong klo masih semuda itu saja sudah banyak mengeluhnya, bagaimana besarnya nanti?

Padahal semakin bertambah usia seseorang, semakin dewasa seseorang maka semakin berat pula beban hidupnya. 

Kalau melanjutkan sekolah berarti nanti beban pelajaran juga akan semakin sulit, belum lagi beban sosial, beban ekonomi, beban psikologis dan yang lain-lainnya yang pasti akan dihadapi, mau tidak mau, suka tidak suka.

Inem, cobalah untuk menikmati hidup kamu, kurangilah keluhan-keluhan kamu. Dari pada mengeluhkan segala sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan ataupun harapan kamu. Cobalah untuk mensyukuri hidup kamu.

Bersyukurlah bahwa hari ini masih diberi kehidupan, bersyukurlah masih diberi sehat, bersyukurlah masih bisa makan, bersyukurlah masih bisa bersekolah, dan hal-hal lain yang merupakan berkah Allah yang diberikan kepada mu, dan kamu akan melihat kehidupan jauh lebih menyenangkan daripada yang kamu rasakan sekarang.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites