Wednesday 8 May 2013

Membuat Mind Map Bareng Anak-Anak


Hari Senin dan Selasa kemarin kepada anak-anak kelas 8A saya mencoba mengenalkan mind map untuk meringkas pelajaran. Mind map atau pemetaan pikiran merupakan sebuah metode untuk memasukkan informasi kedalam otak dan mengambil informasi tersebut kembali dari otak.

Mind map bisa diterapkan dalam berbagai bidang, dari mulai perencanaan sesuatu, mengorganisir sesuatu dan dalam bidang pendidikan (salah satunya) bisa digunakan untuk meringkas pelajaran.

Teori mengenai mind map serta cara membuatnya telah saya berikan hari Senin kemarin, dan hari Selasanya kita coba untuk praktek bersama.

Pertama-tama anak-anak mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, yaitu kertas kosong dan pensil/spidol warna (bagi yang punya), langkah berikutnya mereka bebas menentukan pelajaran apa yang hendak mereka ringkas. Berhubung ini kali pertama mereka membuat mind map, maka saya meminta mereka untuk mengambil cukup 1 bab saja dari pelajaran yang hendak mereka ringkas dengan mind map.

Sambil mereka membuat mind map mereka, saya pun membuat mind map di papan tulis, mengambil dari mata pelajaran lain. Sehingga anak-anak bisa lebih memahami pembuatan mind map.

Prinsip utama mind map yaitu kebebasan dalam berkreatifitas saya terapkan betul-betul, berkali-kali saya sampaikan kepada anak-anak untuk jangan ragu dalam menggunakan warna, untuk menambahkan hiasan kepada mind map yang mereka buat, apapun gambar yang mereka suka bisa di tambahkan disitu, demikian juga dalam meringkas/menyingkat kalimat atau kata-kata.

Tidak saya duga ternyata semuanya berjalan lancar, sebagian besar anak sudah memahami apa yang harus mereka lakukan, hanya ada sedikit pertanyaan dari mereka yang sifatnya teknis.

"Boleh ndak dikasih gambar ini?" 

atau pertanyaan

"Gini bener nggak pak?"

Dan ketika waktu pelajaran habis banyak yang sudah menyelesaikan mind map ya masing-masing dan setelah saya lihat hasilnya bagus-bagus. Semoga saja mereka bisa menggunakan mind map sebagai alternatif dalam meringkas pelajaran ataupun dalam hal yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites