Saturday 18 May 2013

Nonton Film Bareng Anak-Anak

Kegiatan nonton film bareng anak-anak sudah saya lakukan sejak masih di sekolah lama. Biasanya saya adakan sebulan atau dua bulan sekali. Tujuan dari kegiatan nonton bareng ini adalah untuk penyegaran bagi anak-anak biar tidak terlalu tertekan dalam belajar di sekolah.

Selain itu juga bisa menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak. Dan hal ini bisa menjadi suatu hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan, mencari judul film yang sifatnya mendidik namun menghibur sekaligus. Anak laki-laki biasanya minta film action, perang, sementara kalau anak perempuan lebih beragam dari yang mulai komedi romantis, horor, dll.

Beberapa kali terjadi film udah di pilih oleh anak-anak dan sudah di puter setengah jalan, ada saja yang protes minta ganti judul lah, filmnya dipercepat, dll, dll.

Masing-masing punya tuntutan mereka sendiri. Tapi saya tekankan karena sudah kesepakatan bersama, mayoritas memilih judul tersebut maka semuanya harus mengikuti. Hal ini saya maksudkan sebagai pembelajaran bagi mereka untuk bermufakat, menghormati kesepakatan bersama dan tidak bersifat egois (lama-lama saya bisa hapal anak-anak yang suka protes biasanya ya anak yang itu-itu saja di tiap kelasnya).

Selesai nonton bareng biasanya saya beri penekanan moral dari film yang sebelumnya kami tonton bersama, agar anak-anak bisa memetik hikmah. Selain sebagai sarana refreshing, kegiatan nonton bareng juga bisa saya jadikan iming-iming. Kegiatan nonton bareng akan dilakukan jika anak-anak berperilaku baik, tidak ada permasalahan di kelas.

Dari berbagai macam film yang sudah pernah di tonton ada beberapa film yang banyak disukai anak-anak (paling tidak, tidak banyak yang protes sewaktu film tersebut di puter)  film tersebut antara lain Spirited Away, My Neighbor Totoro dan Howl's Moving Castle

Padahal kedua film tersebut masih menggunakan bahasa Jepang dan tidak ada subtitle nya. Entah kenapa anak-anak "tersihir" sewaktu menonton film-film tersebut.

Catatan: Foto diambil dr internet.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites