Tuesday 14 May 2013

Asisten Perpustakaan


Ternyata... Saya bukanlah superman (yaiyalah) banyak kekurangan dan ketidakbisaan (halah...).

Jadi ceritanya di sekolahan selain sebagai guru BK, saya juga diserahi untuk mengurusi perpustakaan, dan ternyata untuk mengelola perpustakaan secara profesional sebagaimana seharusnya tidaklah semudah yang dibayangkan, ada banyak hal yang harus dilakukan dan diperhatikan.

Dengan tugas sebagai BK yang sering kali mendadak harus menangani anak, terkadang salah satu tugas menjadi keteteran (biasanya sih tugas untuk mengurusi perpustakaan). Setelah menimbang, memikirkan dan menawar (lah...), akhirnya saya memutuskan untuk mengambil asisten perpustakaan.

Beberapa siswi yang sering meminjam buku di perpustakaan saya tawari untuk menjadi asisten perpustakaan. Dari awalnya satu orang, sekarang ada 3 orang asisten perpustakaan. Tugas yang saya berikan dari mulai menjaga kerapian buku, menegur dan menjewer peminjam yang tidak tertib sampai dengan membantu saya dalam administrasi perpus (menyusun inventaris buku dan menuliskan kartu kendali) serta shelving bulanan.

Satu hal yang membuat saya senang, anak-anak antusias menjadi asisten perpustakaan, setiap pagi selalu saja bertanya, "Pak ada tugas hari ini nggak?"

Semoga saja antusiasme mereka berjalan terus :)

1 comments:

Wah, salam pustakawan! :D

@lucktyg
http://luckty.wordpress.com

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites