Monday 11 February 2013

Slogan Penyemangat

Salah satu materi yang saya sampaikan waktu kegiatan motivasi untuk kelompok saya kemarin adalah "Slogan Penyemangat"

Slogan Penyemangat adalah secarik kertas yang berisi kalimat yang membuat kita termotivasi dan terinspirasi untuk melakukan sesuatu hal lebih baik lagi.

Kalimat tersebut bisa kutipan dari orang terkenal, buku atau sumber yang lainnya. Selain kutipan, kalimat tersebut bisa juga hasil kreasi sendiri.

Ukuran kertas yang dipakai bisa beranekaragam, bisa ukuran kwarto/folio bisa juga ukuran yang lebih besar. Untuk lebih menarik bisa menggunakan berbagai macam warna atau bisa juga ditambah dengan hiasan gambar yang disukai.

Untuk hal ini saya pun mempraktekkannya sendiri. Di tembok samping meja, saya menempelkan dua kertas ukuran folio masing-masing berisi kalimat kutipan yang saya ambil dari buku.

Satu kertas bertuliskan
"Jadikanlah pekerjaan di tempat anda menjadi sesuatu yang menyenangkan"
Sebuah kutipan dari David Ogilvly

Sementara kertas kedua bertuliskan
"Guru yang malas belajar pada dasarnya tidak akan dapat menghasilkan murid-murid yang cinta belajar."
Sebuah kutipan dari Muchtar Buchori.

Ketika saya merasa capek, jenuh dalam menghadapi anak-anak dengan segala tingkah polahnya. Dengan membaca kedua kalimat tersebut, perlahan-lahan muncul kembali semangat untuk menghadapi mereka.

Hal yang sama saya harapkan bisa dirasakan  oleh anak-anak. Ketika mereka merasa jenuh dalam belajar, bosan, ataupun bete (yang mana mudah sekali dirasakan oleh anak-anak seusia mereka) mereka bisa melihat kearah slogan yang mereka punyai dan kemudian timbul lagi semangat dalam belajar.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites