Tuesday 5 February 2013

Seragam Khaki Bikin Keki

Sekolah tempat saya mengajar sekarang adalah sekolah swasta. Dan di sekolah kami ini tidak / belum ada aturan mengenai seragam untuk guru-guru non PNS, jadi ada yang pakai kemeja lengan panjang, batik, lurik atau yang lainnya. Hanya ada satu ketentuannya yaitu sopan (Yaeya lah masak ngajar pake singlet?)

Walaupun tidak ada ketentuan pasti, namun pada hari Senin dan Selasa kebanyakan guru memakai baju seragam berwarna khaki (mirip dengan seragam nya PNS pada umumnya). Kebetulan di sekolah yang lama, seragam khaki ini merupakan seragam wajib bagi guru. Jadi saya pikir daripada seragam yang lama ndak terpakai nganggur di lemari, kenapa tidak diberdayakan?

Yang menjadi permasalahan adalah sekolah lama saya berada di wilayah kerja Kabupaten Sukoharjo, sehingga tempelan emblem di seragam khaki saya adalah kabupaten Sukoharjo. Sementara sekolah yang baru berada di wilayah kerja Kota Solo/Surakarta. Berhubung saya orangnya (agak) males - cuman agak lho ya.... Jadi saya tidak melepas emblem tersebut. 

Nah... rupanya emblem ini jadi masalah. Sebenarnya emblemnya hanya kecil terletak di lengan sebelah kiri, tapi... Ternyata orang suka merhatiin juga.

"Lho pak... Koq sukoharjo?" Kata seorang teman guru sambil senyam-senyum

Saya cuman nyengir nanggepin godaan teman saya tersebut.

Dan rupanya yang suka merhatiin bukan hanya teman guru, tapi anak-anak juga. Termasuk juga kegiatan ledek-meledek.

"Koq Sukoharjo tho pak?" Kata seorang murid.

"Ndak papa dong, emang kenapa?" Jawab saya dengan santai.

"Waaaa.... Sukoharjo, waaa...." teriak seorang siswa sambil menunjuk emblem di baju saya.

Saya cuman menganggapi dengan senyum dan ketawa.

Tapi.... Ndak berhenti di situ, setiap kali anak tersebut ketemu saya memakai seragam itu dia pasti akan teriak

"Waaa.... Sukoharjo..." katanya

Apeu dah nih anak... 

Lama-lama keki juga sih diledekin, tapi kalau dipikir-pikir toh ntar juga dia diam sendiri kecapean ndak saya ladeni.

2 comments:

Kok muridnya berani ngeledekin kaya gitu? Kalo cuma nanya di awal sih wajar. Kalo keterusan ngeledek tentang emblem Sukoharjo kok rasanya ada yang nggak beres sama anak itu.

@Milo
Sekolah kami berada di daerah urban/ pinggiran kota, dekat bekas lokalisasi. Kebanyakan anak disini berasal dari keluarga dgn starta ekonomi & sosial rendah yang akrab dengan hal2 yang menurut kita kurang pantas, salah satunya ledek meledek tadi.

Kapan2 saya bercerita lebih banyak tentang sekolah kami dan murid-murid yang ada di sini.

Terima kasih telah mampir disini dan salam kenal :)

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites