Friday 4 January 2013

Persiapan UN

Ujian Nasional sampai sekarang masih menjadi tolak ukur utama ketuntasan siswa dalam menyelesaikan studinya (kelulusan) tiap tingkatan (SD - SMP - SMA).

Dan untuk menghadapi Ujian Nasional tiap sekolah mempunyai strategi masing-masing. Begitu juga di sekolah kami. Strategi pertama dan yang bisa dipastikan dilakukan oleh setiap sekolah adalah penambahan jam pelajaran khusus materi UN (Matematika, Bahasa Indonesia, IPA dan Bahasa Inggris) masing-masing pada jam ke nol dan jam ke 10 (sebelum dan sesudah jam pelajaran reguler). Penambahan jam belajar juga dilakukan sewaktu liburan semesteran kemarin. Khusus untuk siswa kelas 9 jatah libur mereka berkurang 1 minggu dipakai untuk jam tambahan.

Strategi yang kedua adalah try out (uji coba) ujian materi UN. Ty out ini direncanakan dilakukan beberapa kali. Materi try out nya sendiri ada yang dibuat oleh guru mapel dan ada juga yang dari Diknas. Try out dimaksudkan agar anak terbiasa dengan kegiatan UN dari mulai cara pengerjaan, pembagian waktu sampai dengan suasana try out diusahakan semirip mungkin dengan kegiatan UN beneran.

Strategi berikutnya adalah Klub Motivasi. Seluruh siswa kelas 9 dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok di dampingi oleh seorang motivator (guru). Seperti halnya namanya tugas motivator disini adalah memberi dukungan dan semangat kepada semua siswa bimbingannya. Agar tetap bersemangat namun juga tidak stress dalam menghadapi UN.

Dengan adanya pengelompokan Klub Motivasi ini diharapkan tidak ada anak yang "tertinggal" atau (merasa) tidak diperhatikan atau tidak diberi perhartian sehubungan dalam persiapan menghadapi Ujian Naaional

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites