Friday 25 January 2013

Cita-Cita Part II

Materi tentang cita-cita akhirnya kelar diberikan kepada peserta didik. Dimulai dari pengenalan terhadap bakat, minat serta kemampuan diri dan kemudian dilanjutkan dengan perencanaan masa depan.

Awalnya masih banyak yang belum tahu apa itu bakat, apa itu minat masing-masing. Bahkan tak sedikit yang menjawab "Orang lain yang bisa melihat bakat dan minat saya" ketika saya tanya "Bakat/minat kamu apa?"

Tujuan dari pembelajaran adalah memahami materi yang di bahas bersama, dan untuk memahami suatu hal membutuhkan sebuah proses yang panjang yang berbeda antara individu yang satu dengan individu yang lain. Dari sekitar 80 peserta didik, berapa persen yang memahami mengenai kemampuan diri mereka masing-masing dan bagaimana mereka merencanakan masa depan mereka, saya tidak tahu pasti.

Yang jelas mereka sudah mendapatkan pengetahuan akan kedua hal tersebut dan pada akhirnya cepat atau lambat mereka akan memahaminya.

Di akhir pembelajaran saya meminta mereka untuk membuat karangan pendek mengenai cita-cita mereka dan bagaimana cara mereka mencapainya.

Sejauh ini dari sebagian yang sudah saya baca, mereka sudah tahu apa impian mereka dan bagaimana cara mereka untuk meraihnya. Walaupun sebagian masih terkesan bingung dan belum merasa pasti dengan keinginan atau cita-cita mereka

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites