Thursday 17 January 2013

Memanfaatkan Teknologi

Ada pengalaman menarik sewaktu saya piket kemarin. Ada seorang guru yang tidak masuk dan memberikan tugas kepada anak-anak. Seperti biasa kalau ada guru yang tidak masuk maka harus ditunggui oleh petugas piket sampai pelajaran selesai.
Waktu itu mapel yang kosong adalah pelajaran bahasa Indonesia. Anak-anak diberi tugas mengenai singkatan dan akrononim. Dan terjadilah percakapan berikut:
"Pak deperindag singkatan dari apa?" Tanya seorang anak.
"Coba dilihat di buku dulu." Jawab saya sebagai pancingan. Karena kebiasaan sering kali anak-anak malas untuk membaca buku.
"Tidak ada pak." Jawab mereka.
"Coba sini pinjam bukunya." Jawab saya sambil meminta buku kepada salah satu siswa. Saya baca sejenak dan memang tidak ada tertulis kepanjangan deperindag di buku tersebut.
"Deperindag itu singkatan dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan."
Oke... satu pertanyaan bisa dengan mudah saya jawab. Kemudian pertanyaan-pertanyaan lain muncul.
"Signifikan apaan pak?"
"Rusuna singkatan dari apa?"
"Kalau deputi?"
"Direktur apaan pak?"
Waduh... Saya bukan ahli bahasa je... Ndak apal pengertian masing-masing kata. Ngerti sih ngerti tapi kalau disuruh menjelaskan artinya saya ndak bisa.
Untungnya saya bawa kindle saya. Niat awalnya sih tadinya anak-anak sibuk ngerjain tugas, saya nyari dan nyiapin materi BK. Saya cari arti kata-kata tersebut di google dan saya bisa menjawab pertanyaan anak-anak tersebut dengan tepat.
Sebuah contoh sederhana tentang penggunaan teknologi dalam membantu guru dalam mengajar. Teknologi berkembang di satu sisi anak semakin kritis dalam bertanya sementara sebagai seorang pengajar harus bisa memberikan jawaban yang tepat atas pertanyaan siswa tersebut.
Guru bisa memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaannya dalam mengajar. Salah satunya untuk mencari informasi/materi untuk disajikan kepada siswa didik.
Manfaat lain seperti penggunaan OHP untuk menayangkan video atau presentasi/slide yang berhubungan dengan pelajaran. Dan masih banyak lagi kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan penggunaan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites