Tuesday 29 January 2013

Perpustakaan Sekolah

Seingat saya jaman sekolah dulu, perpustakaan sekolah adalah tempat yang sepi, jarang ada yang datang ke sana (terlebih karena tempatnya nyempil jauh dari mana-mana)

Namun sekarang di sekolah kami perpustakaan termasuk ramai dikunjungi oleh siswa. Baik yang pengen membaca koran, membaca buku atau sekedar duduk-duduk pada saat istirshat.

Ruangan perpustakaan memang tidak terlalu besar, hanya berukuran kurang lebih 3 x 5 meter, dengan adanya rak-rak buku serta meja dan kursi untuk membaca, perpustakaan tidak bisa menampung banyak orang.

Selain sebagai tempat peminjaman buku, perpustakaan kami juga sering kali dipakai untuk "menampung" anak-anak yang terkena sanksi oleh guru.

Beberapa guru menerapkan peraturan siswa-siswa yang tidak mengerjakan PR/tugas disuruh mengerjan di luar. Dan daripada mereka di halaman kelas dan pada akhirnya menganggu kelas lain, akhirnya mereka "di tampung" di perpustakaan.

Selain tidak menganggu kelas lain, mereka juga bisa diawasi dan diberikan pengarahan tambahan jika dibutuhkan.

Kendala dalam pengelolaan perpustakaan sekolah, anak-anak yang biasa ke perpustakaan untuk beristirahat biasanya membawa makanan yang sering kali bungkusnya dibuang sembarangan. Tapi setelah dinasehati (dan dimarahi) akhirnya mereka dengan sadar membuang sampah di tempat sampah depan perpustakaan.

Kendala yang kedua adalah koleksi buku. Anak-anak sekolah kami sangat antusias dengan buku-buku yang ada, terlebih saat ada buku baru baik itu buku fiksi ataupun non fiksi. Tapi setelah beberapa minggu/ bulan berlalu mulai sepi karena buku-buku tersebut sudah dibaca/dipinjam.

Kendala ketiga adalah terbitan harian (koran). Sampai sekarang saya belum bisa menginventaris koran-koran yang ada karena anak-anak sering memintanya baik untuk tugas sekolah ataupun untuk membersihkan ruangan kelas sehabis hujan.

Di luar semua kendala yang ada, it's nice to know that anak-anak masih punya ketertarikan untuk membaca.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites