Friday 1 March 2013

Pelatihan hari 1 dan 2

Pelatihan yang diadakan di kemenag ini adalah pelatihan pembuatan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi komputer. Sebelum saya masuk kemarin peserta di ajari membuat bahan ajar dengan menggunakan program Microsoft Power Point. Sedangkan ketika saya masuk, materi berganti menggunakan program Microsoft Publisher.

Seumur-umur mengotak-atik Microsoft Office (dari jaman Office 2000 sampai sekarang) saya belum pernah menggunakan program ini. Agak bingung juga awalnya. Ini programbuat apaan?

Jadi ternyata Microsoft Publisher ini digunakan untuk membuat halaman web secara sederhana. Kalau saya bilang sih mirip-mirip Geocities gitu *ada yang pernah otak-atik Geocities yang sekarang sudah almarhum? Ketahuan deh umurnya berapa :))*

Peserta diajari untuk membuat sebuah halaman web dengan isi materi pelajaran dari masing peserta. Karena masing-masing peserta berlatar belakang berbeda jadi materinya pun berbeda pula. Ada guru matematika, agama dan sebagainya (perasaan cuman saya yang dari BK *Sighs)

Trus apa hubungannya bahan ajar dengan halaman web? Well... Dari yang saya tangkap, pembuatan bahan ajar ini dimaksudkan untuk membuat anak-anak bersemangat dalam belajar, makanya menggunakan semua media yang ada, termasuk salah satunya media web.

Untuk website ini sifatnya offline (tentu saja), sehingga menggunakan local host (hard disc sebagai hosting dari halaman web yang sudah dibuat). Anyway, dua kali pertemuan membahas mengenai publisher. Cukup melelahkan juga dalam membuatnya, tapi alhamdulillah yah, akhirnya jadi juga #halah #lebay

Catatan:
Gambar merupakan screen shot halaman web yang saya buat.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites