Monday 18 March 2013

Materi Ajar Tentang Pelecehan Seksual

Untuk materi mengajar BK, saya sering kali mencarinya baik di buku, koran, majalah dan lebih sering di internet. Berhubung tidak ada buku pegangan khusus selayaknya mata pelajaran lainnya. Materi ajar yang saya berikan saya sesuaikan dengan situasi dan kondisi serta tingkatan mereka.

Misalnya untuk anak kelas 7 saya berikan materi mengenai penyesuain diri, pengenalan potensi diri, bahaya merokok dan juga narkoba.

Sedangkan kelas 8 materi mengenai perkembangan seksual remaja, menstruasi, masturbasi, dan pengenalan potensi diri lebih lanjut.

Untuk kelas 9 saya siapkan materi motivasi. Tapi berhubung disini saya hanya memegang kelas 7 dan 8 maka materi motivasi saya berikan kepada kelompok motivasi saya.

Kali ini saya tengah mencari bahan untuk materi mengenai pelecehan seksual yang akan saya sampaikan kepada anak-anak kelas 8. Rencana mengenai materi ini sebenarnya sudah ada sejak awal semester kemarin, cuman belum dapat saat yang tepat. Dan kebetulan akhir-akhir ini sedang marak pemberitaan mengenai pelecehan seksual, saya rasa ini saatnya saya menyampaikan materi mengenai hal ini sehingga mereka memahami, apa sih yang dimaksud dengan pelecehan, apa saja yang dilakukan orang yang bisa dikategorikan kedalam bentuk pelecehan seksual serta bagaimana sih cara menghindarinya?


Cukup tiga itu saja yang pengen saya sajikan kepada anak-anak. Dan untuk itu saya mencoba googling. Ada banyak artikel mengenai hal ini sebenarnya, cuman dari sekian banyak artikel yang ada, saya belum nemu artikel yang sekiranya pas.

Sebagian besar menggunakan menggunakan bahasa yang sulit, yang saya rasa tidak akan dengan mudah dipahami oleh anak usia kelas 8 SMP. Sementara sebagian besar yang lainnya copy paste dari artikel yang lain.

Dari berbagai macam artikel yang saya baca, akhirnya ketemu tiga artikel yang bisa saya jadikan sumber referensi untuk materi ajar yang akan saya sampaikan. Itupun masih harus di edit habis-habisan (what can I say it's 8th grade students I'm dealing with, kalau saya pakai bahasa yang rumit-rumit yang ada nantinya mereka tidak memahami apa yang saya sampaikan dan pada akhirnya pembelajaran tidak mencapai tujuan supaya anak-anak mengerti, memahami dan mewaspadai pelecehan seksual).

Oh iya, materi mengenai pelecehan seksual ini nanti akan saya sharing di halaman download dalam bentuk PPT bagi yang membutuhkan, tapi sabar yak di sekolah lagi banyak kerjaan :)

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites