Tuesday 23 July 2013

Pindahan Perpus


Akhir tahun ajaran kemarin, rencana saya untuk perpustakaan adalah menyelesaikan administrasi buku BSE/Paket (mengurutkan, membagi sesuai kelas, dan menyiapkannya untuk dibagi ke anak-anak di awal tahun ajaran berikutnya), selain itu juga membenahi administrasi perpustakaan lain seperti menyiapkan kartu anggota, pengelompokan buku, penyampulan buku dan masih ada beberapa lagi yang lainnya.

Namun sayang, rencana tinggal lah rencana, karena negara api menyerang... #Halah

Well... Rupanya Kepsek punya rencana lain. Jadi beliau punya rencana untuk mengubah setting tempat, dari mulai ruang kelas, ruang guru, UKS, ruang kepsek dan tidak ketinggalan ruang perpustakaan.

Ruang perpustakaan kena gusur di samping aula. Lebih jauh dan terpencil dibanding ruangan sebelumnya. The good news is, ruangan yang baru lebih luas daripada ruangan yang lama (sekitar 1,5 kali lipatnya ada kali ya). Pasti seneng dong...

Memindahkan semua isi perpustakaan ke ruangan yang baru tidaklah sulit, terlebih dilakukan sebelum bulan Ramadhan dan dibantu oleh anak-anak OSIS yang sengaja di minta untuk datang. Yang kemudian sedikit banyak menjadi masalah adalah penataan lagi semua buku-buku.

Buku-buku BSE yang awalnya udah diurutkan, sekarang menjadi berantakan lagi, demikian juga dengan buku-buku lainnya, bercampur antara kategori satu dengan yang lainnya.

Namun demikian ada juga keuntungan dari pindahan ini, selain mendapatkan ruang yang lebih luas, perpustakaan juga mendapatkan rak buku yang lebih banyak, sehingga mudah dalam memilah buku sesuai dengan kategori, selain itu ketahuan buku-buku yang belum terdaftar, buku-buku yang belum diberi stiker dan juga penyampulan.

Selama dua minggu pertama masuk ini disibukkan dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Agak-agak ribet juga karena tuntutan dari beberapa guru mapel pengguna buku paket/BSE yang meminta untuk segera dibagikan kepada anak-anak (well... Itu sepenuhnya hak mereka sih, but please toleransi dong yah, satu dua kali mengajar tanpa siswa membawa buku bisa kan yah?).

Belum lagi semua selesai, giliran LKS yang masuk, harus segera di distribusikan kepada anak-anak. Yang nggemesinnya tuh LKS datangnya tidak sekaligus, tapi bertahap (dan sampai sekarang juga belum semuanya datang). Huftable moment deh ^_^;;;;;

Untungnya saya punya 3 orang asisten yang antusias, mereka bisa membantu saya dalam mendata anggota baru perpustakaan (dari siswa kelas 7 yang baru) sekaligus mengisi kartu perpustakaan. Mereka juga membantu saya dalam mendata buku serta menyampuli buku-buku.

Sedikit banyak mereka membantu meringankan beban saya, walaupun pada awal-awalnya kerjaan mereka agak-agak kurang rapih (dalam menyampuli buku misalnya), tapi setelah diarahkan lama-lama hasilnya rapih juga.

Sekarang bisa sedikit bersantau mengawasi sambil mengarahkan kerjaan mereka :D

Oh iya, ini pojokan meja sirkulasi tempat peminjaman dan pengembalian buku. Kemaruk yak, sampe butuh 3 meja segala :P



1 comments:

Kalo ini ceritaku:
Label Pustakawan 2013 (Part 1) http://t.co/LMeTDl49vl

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites