Thursday 26 September 2013

Hari Kunjungan Perpustakaan


Jujur saja saya baru tahu kalau tanggal 14 September kemarin diperingati sebagai Hari Kunjungan Perpustakaan, dari artikel di koran dan beberapa twit yang saya baca. Wel OK... I must admit that I'm not a good librarian (lagi pula postingan ini telat pula).

Bicara tentang kunjungan ke Perpustakaan, saya bersyukur karena dengan segala keterbatasan yang dimiliki perpustakaan sekolah, minat anak-anak untuk mengunjungi, membaca dan meminjam buku di perpustakaan sekolah cukup tinggi. Bukan hanya anak perempuan saja yang datang ke Perpustakaan, namun tidak sedikit juga anak laki-laki yang berkunjung ke Perpustakaan sekolah.

Untuk anak laki-laki kebanyakan datang ke Perpustakaan untuk membaca surat kabar, terutama bagian olah raga (berita sepak bola yang paling diminati). Sementara untuk anak-anak cewek bervariasi dari mulai belajar (ngerjain PR), baca majalah dan baca buku-buku sastra.

Sama kayak orang jualan, perpustakaan pun ada saatnya sepi, ada pula saat ramai kunjungan. Biasanya anak-anak banyak yang ramai ke perpustakaan kalau ada buku baru dan atau ada tugas dari guru mereka.

Satu hal yang sampai sekarang saya sayangkan sebagai pengurus perpustakaan adalah sangat jarangnya kunjungan dari guru ke perpustakaan. Paling banyak kunjungan guru ke perpustakaan adalah saat awal tahun ajaran, itupun untuk menanyakan apakah buku paket/ LKS sudah ada dan dibagi ke anak-anak atau (karena saya yang mendapat tugas untuk itu).

Untuk mensiasati hal tersebut, sekolah mencoba "mendekatkan" perpustakaan kepada guru dengan membuat sebuah perpustakaan mini berupa lemari kaca yang diisi sample buku perpustakaan, dan buku-buku referensi guru. Namun sayangnya, kurang diminati pula.

Well... At least sudah berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi semuanya, dan yang paling disyukuri anak-anak yang katanya generasi malas membaca masih banyak yang datang ke perpustakaan. 

2 comments:

@catatan luckty
Semangat!!! \(^0^)/

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites