Monday 30 September 2013

VIIB Awards



Hari ini anak-anak mulai UTS, dan sewaktu saya memasuki ruangan kelas untuk menjadi pengawas UTS di ruangan tersebut, saya lihat anak-anak berkerumun di depan kertas yang tertempel di tembok belakang kelas.

Setelah saya dekati ternyata itu adalah pengumuman VIIB Awards. Seperti yang ada pada gambar, "penghargaan" yang diberikan cukup beragam, dari mulai Mr. & Miss. Diligent, sampai dengan Mr. & Miss. Bad Attitude.

Menarik sekali apa yang dilakukan oleh wali kelas VIIB ini, kalau diperhatikan "penghargaan" yang diberikan bukan hanya untuk perilaku baik saja, atau perilaku tidak baik saja, tapi kedua-duanya. Ada "penghargaan" untuk anak-anak yang rajin, ada pula "penghargaan" untuk anak-anak yang malas.

Kurang tahu juga apakah selain mendapatkan gelar tersebut anak-anak juga mendapatkan penghargaan fisik (piala, piagam atau yang lainnya), tapi yang jelas menurut saya apa yang dilakukan wali kelas VIIB ini sebuah langkah yang positif. Anak-anak yang mendapatkan gelar positif akan berusaha untuk mempertahankan gelar tersebut, sementara anak-anak yang mendapatkan gelar negatif akan merasa malu, sungkan dan pada akhirnya berusaha untuk mengubahnya dan semua anak akan berlomba-lomba untuk mendapatkan gelar positif.

Suatu hal sederhana yang patut untuk ditiru wali kelas lainnya :)

2 comments:

@NitaNinit Kasapink R-Ror
Iyaaa :))

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites