Friday 3 July 2015

Aku Menulis Maka Aku Ada

Cogito ergo sum, sebuah ungkapan dari Renè Descartes yang artinya aku berpikir maka aku ada.

Proses berpikir merupakan bagian dari akal budi yang merupakan pembeda antara manusia dengan mahkluk lain. Manusia dianugerahi akal dan budi agar manusia berkembang dan mengembangkan dirinya.

Sehubungan dengan proses berpikir yang dimilikinya, manusia membutuhkan media untuk mengungkapkan/ mengkomunikasikan pikirannya tersebut kepada orang lain. Media yang biasa dipakai adalah media tulisan. Karena cakupannya yang lebih luas dibandingkan media lisan. Dan dengan tulisan pula ide atau pemikiran kita masih bisa di ketahui orang lain puluhan bahkan ratusan tahun setelah pemikiran tersebut muncul.

Sehubungan dengan hal tersebut, menurut saya menulis adalah sebuah kegiatan yang seharusnya dilakukan oleh setiap orang terlepas dari tingkat pendidikan, strata sosial maupun jenis pekerjaan. Menulis merupakan sebuah pekerjaan yang mudah dan sederhana, selama seseorang sudah mengenal abjad maka dia sudah bisa menulis.

Namun demikian merangkai kata menjadi kalimat, merangkai kalimat menjadi sebuah paragraf yang komunikatif, menarik dan bagus, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Penguasaan materi dan (yang paling penting menurut saya) latihan secara terus menerus akan seseorang pandai dalam menulis. Seperti kata pepatah "Kota Roma tidak dibangun dalam satu hari." Demikian juga kecakapan dalam menulis.

Saya menyadari bahwa saya bukan termasuk penulis yang handal, bertahun-tahun latihan nge blog, masih banyak kekurangan saya. Materi yang terlalu dangkal, tema tulisan yang tidak menarik, dan sebagainya. Saya masih berproses dan akan terus berproses agar menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Mempertahankan eksistensi saya sebagai manusia yang berpikir, melatih otak saya agar terus berpikir, agar terus berkembang serta melatih kreatifitas saya. Karena saya berkeyakinan ketika seseorang berhenti berpikir, tidak mau mengembangkan pola pikirnya maka tidak ada bedanya dengan orang mati. Kritikan dan masukan saya terima dengan senang hati, justru dengan adanya kritikan dan masukan lah saya bisa mengetahui kekurangan saya. Jika ada yang salah maka koreksilah.

Mari kita budayakan menulis, mengungkapkan ide-ide kita dalam bentuk tulisan. Agar orang lain bisa memahami kita. Dan jangan pasung kreatifitas seseorang, jangan larang seseorang untuk menulis hanya karena tulisannya tidak menarik. Karena bisa jadi tulisan kita tidak lebih baik dari tulisan orang tersebut.

2 comments:

Setuju nih, menulis juga untuk melatih kinerja otak :D

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites