Monday 15 April 2013

Unbelievable!

Sebagai guru, saya yakin bukan saya saja yang menemukan siswa yang bandelnya minta ampun, sudah berkali-kali di nasehati tapi masih saja susah untuk berubah jadi baik. Ada banyak penyebab kenapa hal itu terjadi, terkadang alasan mereka membuat kita tercengang dan bengong. Pengalaman saya berikut ini mungkin juga dialami oleh guru-guru yang lainnya.

Seperti biasa, hari Sabtu setelah jam terakhir usai, ada jam tambahan khusus untuk motivasi bagi siswa kelas 9. Dan dari 11 siswa di kelompok saya, ada 1 siswa yang susah banget untuk dinasehati, selali saja ada alasan untuk membantah apa yang saya sampaikan kepada mereka. Padahal saya berusaha untuk sepadat mungkin untuk menyampaikan apa yang memang seharusnya saya sampaikan kepada mereka, jangan sampai melebar kemana-mana yang akan membuat mereka bosan dan pada akhirnya tidak tercapai tujuan dari pertemuan, yaitu memotivasi mereka.

Nah, saking seringnya si anak ini membantah, menjawab hampir apapun yang saya sampaikan kepada mereka, membuat temen-temennya yang lain jadi kesal.

"Kamu tuh ya, cerewet aja, ntar kita nggak selesai-selesai!" Bentak salah seorang siswa yang diamini oleh yang lain.

Dan tahu apa jawaban dari si anak ini?

"Biarin dong! Aku suka ngodain pak Ari, biar pak Ari marah trus ntar bentak-bentak kita." Katanya dengan santai.

Sukar dipercaya? Well... percayalah.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites