Friday 11 October 2013

Onani Itu Apa?

Untuk anak-anak kelas 8, semester ini saya memberikan materi mengenai kesehatan reproduksi. Dari mulai perkembangan seksual sekunder, mimpi basah, menstruasi, dan minggu ini masuk materi mengenai Onani.

Untuk materi ini saya membaginya menjadi beberapa bagian, mulai dari pengertian onani, hukum onani menurut agama Islam, nama-nama lain onani, dampak negatif onani dan cara menghindari/ menghilangkan kebiasaan onani.

Metode yang saya gunakan adalah mencatat, menerangkan dan kemudian tanya jawab. 

Awalnya saya menyuruh anak-anak mencatat pengertian mengenai onani (saya ambil dari wikipedia), selesai anak-anak mencatat, saya terangkan bla, bla, bla dengan bahasa yang sesederhana mungkin agar anak-anak memahaminya. Selesai menerangkan saya tanya ke anak-anak.

"Sampai disini ada pertanyaan mengenai pengertian onani?"

Saya tunggu beberapa saat, anak-anak mulai rame dan bertanya macam-macam * ya gitu deh, pembahasan kayak gini pasti pertanyaannya juga aneh-aneh, harus siap mental aja menghadapi mereka :))*.

Setelah anak-anak mulai tenang, saya tanya lagi 

"Masih ada pertanyaan? Kalau enggak kita masuk ke pambahasan berikutnya, hukum onani menurut agama Islam."

Kembali berulang, anak-anak mencatat, saya menerangkan kemudian membuka pertanyaan."

Sampai pada pembahasan mengenai dampak negatif onani. Saya menerangkan sambil berjalan muteri kelas *yah pokoknya gitu lah* Kemudian seorang anak (perempuan) bilang

"Pak mau tanya." katanya pelan

"Ya? Mau tanya apa?"

"Onani itu apa?" Tanyanya dengan muka memerah

#FacePalm #Ohmegeh!!!!

"Tadi kamu nyatet nggak?" Tanya saya

"Nyatet pak." Jawab si anak 

#DoubleFacePalm #KemudianGaruk2Tembok #TerusJedotinKepalaKeTembok #Yakali

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites