Monday 26 August 2013

Kembali Ke Perpustakaan

Sudah lebih dari seminggu ini aktifitas sekolah kembali seperti biasa setelah libur panjang kemarin. Dan entah karena anak-anak lagi tenang-tenangnya atau saya nya yang sudah terbiasa dengan tingkah mereka, sehingga saya bisa lebih berkonsentrasi dengan tugas-tugas di perpustakaan.

Ada dua hal yang sebenarnya sudah ingin saya lakukan dari awal dulu, namun baru terlaksana sekarang, yaitu pembuatan dan pelaksanaan check list (pemeriksaan) bulanan serta pembuatan katalog.


Dua hal yang sebenarnya sederhana, baik untuk dibuat maupun untuk dilaksanakan, cuman karena... Yah... Gitu deh... Akhirnya baru terlaksana setelah satu tahun pengelolaan perpustakaan berjalan. Untuk check list bulanan saya bikin sederhana saja, hanya daftar buku yang berisi pengarang, judul serta kategorinya. Saya tinggal mengisi kolom jumlah buku dan kolom ada/tidak.

Setelah satu tahun berjalan, ternyata oh ternyata, ada juga beberapa buku yang "menghilang" dengan suksesnya, tidak diketahui kemana rimbanya. Ada kali ya sekitar 10% dari keseluruhan buku. Bisa jadi "dipinjam" anak-anak tanpa mengisi blanko peminjaman dan "lupa" untuk dikembalikan. Hal ini dimungkinkan untuk terjadi karena pintu perpustakaan sudah dibuka sebelum saya datang, dan belum dikunci ketika saya sudah pulang (penjaga sekolah sebagai pemegang kunci -dalam arti yang sebenarnya- dari keseluruhan ruangan di sekolahan.


Untuk katalognya, saya bikin sebuah katalog sederhana menggunakan binder. Untuk memudahkan dalam pencarian, buku-buku saya kelompokkan per kategori dan kemudian diurutkan sesuai dengan judulnya, sebagai tambahan saya sertakan jumlah eksemplar untuk masing-masing judul.

Memang tidak bisa benar-benar dikatakan sebagai sebuah katalog, karena katalog yang benar bukan hanya memuat judul buku dan pengarang saja namun juga klasifikasi buku, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman dan informasi detail mengenai buku bersangkutan. Tapi paling tidak bisa membantu memudahkan pembaca untuk mencari buku yang diinginkan.

Adapun alasan penggunaan binder adalah, apabila nanti koleksi buku bertambah, tinggal menyelipkan lembaran baru di belakang lembaran yang lama, tidak perlu mengganti keseluruhan katalog.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites