Monday 17 December 2012

Pengalaman Nge Rooting Kindle Fire

Berawal dari tantangan teman saya,

"Kindle nya dalam kondisi factory default, jadi kamu harus rooting sendiri yak."

Factory default maksudnya kondisinya sama persis kalau beli baru resmi. Sebenarnya dalam  kondisi tersebut kindle sudah bisa digunakan, tapi dengan berbagai macam keterbatasan.

Sempat bingung juga, masak harus di routing (awalnya itu yang saya dengar). Routing bukannya kalau bikin jaringan internet yah?

Namun setelah teman saya menerangkan kegunaan rooting serta menunjukkan beberapa tutorial rooting kindle fire di internet, saya pun tertantang untuk melakukannya, terlebih dia bilang

"Ntar kalau kamu kesulitan, aku bantuin."

Awalnya saya menggunakan tutorial yang ada di pcworld.com. Kesulitan pertama pada langkah kedua dan ketiga, berhubung internet saya sudah masuk FUP sementara software yang harus diunduh besar, akhirnya mengalah pergi ke warnet buat mengunduh software tersebut.

Kesulitan berikutnya, masuk ke langkah kelima, ternyata... untuk instalasi masing-masing komponen Android, komputer harus terkoneksi dengan internet, dan walaupun udah isi ulang pulsa, tapi koneksinya tidak begitu membaik (entah karena cuaca, atau memang sudah seharusnya seperti itu) akhirnya di akali dengan menginstall komponen satu per satu dan berjam-jam waktu untuk melakukannya.

Kesulitan ketiga ketika masuk langkah ke sembilan. Program SuperOneClick mandeg di tengah jalan, bahkan sempat nge hang, berkali-kali saya coba masih saja tetap seperti itu.

Akhirnya saya buka kaskus yang selama ini saya hindari (karena banyaknya junker di hampir setiap threat yang bikin malas bacanya), disitu disebutkan untuk Kindle Fire versi 6.2 keatas cara tersebut tidak berlaku lagi, harus pakai cara yang lain.

Di threat tersebut disebutkan link ke xda-developers yang membahas cara me rooting Kindle Fire dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Tidak banyak kesulitan yang saya hadapi ketika melakukan rooting dengan cara ini, hanya butuh kesabaran karena selama fase instalasi komputer harus terhubung ke internet (harus super ekstra sabar karena lagi-lagi sudah masuk masa FUP sehingga kecepatan internet sangat lambat)

Dan hasil akhirnya? Voila... Kindle Fire saya sukses di root dan tampilan serta kinerjanya sama seperti tablet pc android yang lainnya.

Total waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan semua proses tersebut adalah 17 hari, termasuk masa ditinggal kerja, istirahat, mutung karena ngerasa menthok dan reses karena koneksi lagi lemot.

Berikut perbedaan (tampilan) Kindle Fire sebelum dan sesudah di rooting:

Sebelum Rooting
Sesudah Rooting
Sebelum di rooting Kindle Fire terkesan statis dan kurang menarik dengan background yang susah untuk di ganti-ganti. Setelah proses rooting selesai, tampilan Kindle Fire lebih menarik dengan icon-icon aplikasi di layar tablet dan gambar latar belakang serta huruf yang bisa diganti-ganti sesuai selera kita. Oh iya, gambar di sebelah kiri adalah tampilan layar muka (home) dari kindle, sementara gambar sebelah kanan adalah halaman dalamnya.

Oh iya, the good thing is, jika kita pengen mengembalikan tampilan Kindle Fire ke kondisi semula, kita tinggal klik tombol Launcher, dan dalam sekejap Kindle Fire anda kembali ke rasa semua.

0 comments:

Post a Comment

Saya menghargai komentar, saran, kritik & masukan yang membangun. Komentar berupa spam, scam dan promosi akan dihapus, terima kasih.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites